Kegiatan Pembiasaan Shalat Dhuha Bersama dalam Membangun Karakter Religius Siswa MI PUI Kuningan

 


MI PUI KUNINGAN, Kuningan- Dalam rangka membangun karakter religius siswa, di MI PUI Kuningan dilaksanakan program kegiatan pembiasaan sholat dhuha yang didukung seluruh tenaga pendidik, tenaga pendidikan dan siswa.Kegiatan shalat dhuha yang dilakansakan setiap hari Kamis dan Jum’at secara bersama-sama ini diharapkan menjadi budaya di madrasah. Hal ini dilaksanakan dalam rangka merealisasikan visi dan misi dengan salah satu tujuan sekolah yaitu membangun kepribadian siswa yang religius.Beberapa manfaat yang didapat bagi siswa MI PUI Kuningan mengikuti kegiatan sholat dhuha secara bersama-sama antara lain:

1. Siswa terbiasa melaksanakan wudhu

2. Siswa di didik tepat waktu

3. Siswa memperoleh kebaikan berupa pahala

4. Siswa memperoleh pengalaman religius

Dalam persiapan shalat dhuha di bantu oleh para wali kelas dan guru untuk menggerakkan siswa untuk shalat. Siswa yang masih di dalam kelas segera di arahkan mengambil air wudlu untuk persiapan shalat.

Selanjutnya siswa menuju lapangan dan melakukan sholat dhuha bersama-sama dan dilanjutkan dengan muraja'ah / hafalan juz 30 yang di pandu oleh dewan guru sesuai jadwalnya. Pelaksanaan shalat dhuha ditutup dengan doa, baru setelah itu siswa memasuki ruang untuk melakukan proses kegiatan belajar mengajar (KBM). 


Kepala MI PUI Kuningan Otong Nuryamin S.Pd.I. mengatakan "Tujuan diadakannya shalat dhuha adalah untuk membentuk karakter siswa agar gemar melaksanakan shalat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah shalat dhuha. Selain itu shalat dhuha juga bermanfaat untuk membuka pintu rezeki, jalan dipermudah. Kegiatan shalat dhuha juga untuk membangun keimanan yang kuat dan mengajarkan tentang keutamaan shalat dhuha. Tujuan pembiasaan ini adalah, pertama membiasakan siswa untuk melaksanakan shalat dhuha. Kedua, memberikan ketenangan sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Ketiga, membentuk karakter siswa yang baik. Salah satu upaya pembentukan akhlaq dan karakter siswa di MI PUI Kuningan adalah dengan kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara rutin sebelum mulai pembelajaran jam pertama, yaitu shalat dhuha". Ujarnya

(Panzy)