SUPERVISI GURU AL-QUR'AN METODE UMMI DI MI PUI KUNINGAN

 


KUNINGAN, Dalam upaya meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran metode ummi, MI PUI Kuningan melaksanakan kegiatan supervisi di lingkungan sekolah (Rabu, 06 Maret 2024) 


MI PUI Kuningan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran Al-Quran dengan metode Ummi, oleh karena itu, standardisasi guru dalam proses pembelajaran tersebut jelas sangat diperlukan. Perlu adanya evaluasi guru dalam proses pembelajaran Al-Quran agar kualitas proses pembelajaran dapat terkontrol dan berlangsung sesuai standar (standar pengelolaan kelas, manajemen, maupun kualitasnya).


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Trainer Ummi Foundation Kabupaten Kuningan Ustadz Ayif Syaiful  Turut membersamai juga Kepala Madrasah, koordinator Al Qur’an dan dihadiri Guru Qur’an MI PUI Kuningan. 

 Setibanya Ustadz Ayif Syaiful beliau langsung melihat dan mengamati langsung KBM Al-Qur'an Metode Ummi yang didampingi Raudya Nur Tuzzahra selaku koordinator Al-Qur'an. Supervisi dilaksanakan dari kelas 4-6.



Koordinator Al-Qur’an , Raudya menjelaskan "bahwa tujuan supervisi adalah untuk memastikan bahwa guru Al Qur’an di MI PUI Kuningan diharapkan bisa memenuhi standar bahkan lebih baik lagi. Baik dalam aspek pengelolaan kelas, manajemen, dan kualitas".Ungkap ke mipuikuningan,sch.id



Menurut Otong Nuryamin, S.Pd.I selaku kepala MI PUI Kuningan kegiatan supervisi ini penting untuk mengukur sejauh mana penerapan pembelajaran Al- Quran metode Ummi di MI PUI Kuningan.

"Semoga menjadi langkah awal untuk terus melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan mutu siswa dalam bidang Al-Quran,"⁠⁠⁠⁠ ujarnya



Selesai dari kegiatan supervisi, kemudian Ustadz Ayif Syaiful menyampaikan hasil dari supervisi kepada  guru Al-Qur'an Metode Ummi Beliau "menyampaikan beberapa evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang telah berlangsung. Terlebih lagi, beliau juga memberikan pembinaan kepada guru Al-Qur'an dalam hal memahami sistem pembelajaran metode UMMI."



Alhamdulillah kegiatan supervisi berjalan lancar. Guru mendapat banyak ilmu baru dalam metodologi pembelajaran Ummi dengan harapan dapat memotivasi, meningkatkan semangat dalam mengajar Al -Qur’an kepada peserta didik. (Panzy)