Sebanyak 10 Peserta yang Mengikuti Test Calon Guru MI PUI Kuningan

 MI PUI Kuningan-Kuningan.Madrasah Ibtidaiyah (MI) PUI Kuningan melaksanakan tes calon guru MI PUI Kuningan dengan tahapan tes wawancara, tes pedagogik, Micro Teaching dan tes Baca Tulis Qur'an (BTQ) pada calon guru. Tes dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 01-02 Juli 2024 di MI PUI Kuningan. (Senin,01/07/2024) 

 Peranan guru sebagai pengajar dan pembimbing dalam kegiatan belajar mengajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti motivasi, kematangan, hubungan peserta didik dengan guru, kemampuan verbal, tingkat kebebasan, rasa aman dan keterampilan guru dalam berkomunikasi. Oleh karena itu MI PUI Kuningan mengadakan test bertujuan untuk menjadi kompetensi tenaga pendidikan sebagai berikut:

1. Kompetensi Personal atau Pribadi yaitu seorang guru harus memiliki kepribadian yang mantap yang patut diteladani. 

2. Kompetensi profesional yaitu seorang guru harus memiliki pengetahuan yang luas, mendalam dari bidang studi yang diajarkan, mampu memilih dan menggunakan berbagai metode mengajar; dan

3. Kompetensi kemasyarakatan yaitu seorang guru harus mampu berkomunikasi baik dengan siswanya, sesama guru maupun maupun masyarakat luas.

Berikut Jadwal Pelaksanaan Test Rekruitmen 

1. Senin, 01 Juli 2024 

- Test Pedagogik

- Test BTQ

2. Selasa, 02 Juli 2024

- Micro Teaching

- Wawancara


Otong Nuryamin, S.Pd.I Kepala MI PUI Kuningan mengatakan, ada 10 calon guru yang melamar dengan masing-masing jurusan yaitu MIPA, PAI dan PGSD/PGMI. Selanjutnya akan dilakukan tes wawancara, tes pedagogik, Micro Teaching dan tes Baca Tulis Qur'an (BTQ). 

“Tes ini dilakukan agar calon guru dapat menunjukan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik melalui tes pedagogik, tes wawancara, Micro Teaching dan Baca Tulis Qur'an (BTQ) untuk mengetahui tindakan guru Ketika akan mengajar”, ujarnya (Panzy)